Senin, 11 Februari 2013

Cerita Dongen


CERITA DONGEN KU  :
ABU NAWAS  MENJADI RAJA SESAAT SAJA
                Suatu ketika hanya Abu Nawas saja yang tak hadir di hadapan Baginda Raja Sultan Harunurrasyid,maka Sang Baginda bersabda kepada pengawalnya, “Hai…pengawal,panggil Abu Nawas sekarang juga!”
                Kemudian pengawal itupun pergi mencari Abu Nawas ke rumahnya,dan kebetulan Abu Nawas sedang duduk mengaji Qur,an,sang pengawal kemudian mengatakan maksud kedatangannya,lalu Abu Nawas berkata “apa maksud baginda memanggil ku?”. sang pengawal menjawab  “wallahu alam,hamba ini tidak tahu maksud dan tujuan sang baginda tuan”
                Abu nawas kemudian berkata “Baiklah,” dan ia pun berangkat dengn segera di iringi dengan pengawal itu,setelah sampai di istana ia lalu duduk menyembah.maka sabda Baginda, “Hai, Abu Nawas  mengapa engkau tak datang menhada padaku?”
                Sembah Abu Nawas, ”ampun beribu-ribu ampun ya baginda raja,hamba sedang banyak pekerjaan,ya, baginda raja”
                Kemudian raja berkata , ”aku ingin mengetahui apa kerjaan Allah Taala,hari ini?”,bintang dia langit berapa jumlahnya,dan di mana letaknya poros bumi ini?”
                Sembah Abu Nawas  ,”mohon ampun ya baginda raja,Insyah Allah,hamba dapat menjawabnya,akan tetapi hamba tidak dapat menjawabnya pada sembarang tempat,maka dari itu saya meminta baginda raja turun dari singgasana baginda,karena saya hanya dapat menjawab pertanyaan baginda di atas singgasana itu,maka baginda pun turun dari singgasananya,dan di gantikan oleh Abu Nawas
                Abu Nawas pun berkata, ”Adapun pada hari ini,saat ini,pekerjaan Allah Taala adalah sedang menurunkan baginda raja dari kerajaannya dan menaikkan  hamba yang hina ini,ke singgasana baginda. Dan jika baginda ingin tahu berapa banyaknya bintang di langit,maka coba baginda hitung berapa banyak  bulu domba ini(sambil menujukkan sehelai kulit kambing). Maka sebanyak itu lah bintang di langit,kalau berbeda banyaknya maka baginda boleh membunuh hambah ini.
                Baginda kemudian berkata, “siapa juga yang dapat menhitung  bulu kambing ini hai Abu Nawas!”. Maka begitupun juga banyaknya bintang di langit,hanya  Allah Taala yang dapat menhitungnya,ya baginda raja,” kata Abu Nawas.
                Kemudian Abu Nawas mengambil tongkat di tangan salah seorang pengawal baginda raja,lalu menancapkannya tepat di hadapan baginda raja,sambil berkata, “wahai baginda raja,di sinilah poros dari bumi ini,jikalau baginda raja tidak percaya akan keterangan hamba ini,maka baginda raja boleh menyuruh pengawal baginda untuk menhitung panjangnya  dari timur ke barat,maka niscaya akan sama panjangnya ya baginda raja.
                Hai  Abu Nawas…! siapa juga yang dapat mengukurnya!,kata baginda raja. “Maka dari itu hamba tunjukkan kepada baginda di mana  letaknya,ya baginda raja”, kata Abu Nawas
                Setelah baginda raja mendengar jawaban dan penjelasan dari Abu Nawas,maka baginda raja pun bertambah  kagum dengan kepintaran dan kecerdasan Abu Nawas. 

Di tulis kembali dan telah mengalami  beberapa pengeditan
Selamat membaca…!

               http://adiemax.blogspot.com
               

Tidak ada komentar:

Definition List

  


Pages

Cari Blog Ini